jump to navigation

HAKI [ Hak Cipta IT ] January 7, 2009

Posted by Herwin Anggeriana in General Knowledge.
trackback

Issue yang menarik, dan tak berujung.. Sampai kapankah kita mengenal, memahami dan solidaritas terhadap karya seseorang ?

Ketika indonesia memberlakukan HAKI, mungkin banyak dari kita mengikuti aturan tersebut karena tidak ingin terjerat hukum.

Jika dilakukan jajak pendapat, hampir mayoritas mengatakan bahwa software yang berlicense adalah mahal harganya.
Kesadaran dan kepedulian untuk tidak terjerat hukum, memang baik adanya tetapi jauh lebih baik jika kita menyadari dan membatasi diri kita untuk meminimalkan penggunaan software yang berlicense dan disesuaikan dengan kantong keuangan yang kita mampu.

Dunia pendidikan juga turut andil dalam menyadarkan para muridnya, seringkali kita temui bahwa murid atau mahasiswa terjebak dalam kondisi yang dengan terpaksa harus membutakan nurani mereka dengan penggunaan software yang berlicense.
Padahal untuk mengerjakan suatu tugas yang diberikan diwajibkan menggunakan software yang berlicense, sangat membebankan kantong keuangan para muridnya atau mahasiswanya yang alhasilnya demi lulus dari ujian atau demi selesainya tugas tersebut murid atau mahasiswa tersebut memilih untuk menggunakan software bajakan.
Siapakah yang salah dalam hal ini ? Tidak adakah kebebasan dalam menentukan alternatif teknologi lain yang memiliki fungsi yang sama ?

Begitu juga dengan dunia pekerjaan, seakan-akan lumrah dan wajar-wajar saja jika ada beberapa software yang terinstall yang mendukung pekerjaannya, terdiri dari 1 atau 2 software bajakan. Apakah ini memang menjadi suatu warisan yang harus diturunkan ? Beranikah kita untuk mengatakan TIDAK terhadap software bajakan.

Di sisi lain, bagaimanakah reaksi kita jika teknologi kita sendiri, hasil karya kita sendiri, ternyata dibajak oleh orang lain ?

Semua jawaban tersebut kembali lagi kepada masing – masing nurani dan pribadi masing-masing.

Comments»

1. cynk_ve - May 4, 2010

klo semuanya kembali ke hati nurani masing2 n tergantung oranmgnya…kenapa harus ada postingan seperti ini
kayaknya orang indonesia ko ga bermoral banget ya

hehehe:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s