jump to navigation

Paradigma IT di Indonesia January 7, 2009

Posted by Herwin Anggeriana in General Knowledge.
trackback

Pendidikan memang merupakan faktor penentu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan modal pendidikan kita dapat menjadi manusia yang berkualitas, bermoral dan beretika.

Beberapa hari yang lalu teman saya tertarik dengan suatu lowongan pekerjaan yang diposting oleh suatu perusahaan, yang isinya sbb :

Perusahaan AAA sedang membutuhkan :

1. Staff Administrasi
    – Min S1 / d3 
    – Menguasai Ms Office ( Word, Excel, Poweerpoint )
    – Menguasai corespodansi ( Email dengan Ms Outlook )
2. Staff Programmer
    – Min S1 / D3
    – Menguasai ASP, Ms SQL, Access, Visual Studio, Ms Office
    – Mengerti dan menguasai troubleshooting

Haruskan kita selalu menjadi peng-ekor dalam hal IT ? atau kita memang tidak mampu untuk menjadi yang terdepan sehingga kita selalu tergantung dengan sang pencipta teknologi ?

Masih ingatkah kita, ketika kita yang sedang mengeyam atau menjalani pendidikan untuk meraih gelar sarjana, kita sering diberikan tugas ( PR ) dengan suatu program tertentu tanpa diberikan kebebasan untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan alternatife teknologi lain yang lebih FREE..

Lucu sekali ketika teman saya mencoba melamar di perusahaan tersebut, didalam interview tersebut ditanyakan :
** Apakah anda menguasai Program Ms Office
Jawab : Tidak, tapi saya sangat menguasai secaraa mendalam menggunakan OpenOffice
** Apakah anda menguasai Pemograman Ms SQL, ASP, dan segala macam dengan pemograman
Jawab : Saya tidak menguasai pemograman ASP, dan Ms SQL, TAPI saya menguasai PHP dan MySQL untuk pemograman tertentu, saya memerlukan waktu mempelajarinya
** Apakah anda menguasai troubleshooting
Jawab : Saya hanya mengenal dan dapat menguasai troubleshooting dengan skala menengah, untuk hal – hal yang lain saya memerlukan waktu untuk mempelajarinya kembali, kenapa tidak anda tanyakan saja ke saya, bisakah saya memasak nasi?

Walopun akhirnya teman saya diterima bekerja di perusahaan tersebut, disini yang ingin saya tarik benang merahnya adalah Seberapa kuatkah kita sampai kita harus tergantung kepada sang pencipta teknologi ? Tidak mampukah kita untuk menggunakan alternatif teknologi lain atau memang kita malas untuk berubah tidak lagi tergantung dengan bangsa lain atau sang pencipta teknologi tersebut ?

Seringkali kondisi tersebut menjadi dilema, ketika kita hanya bisa menguasai teknologi alternatif, tetapi kondisi pekerjaan yang kita geluti memaksakan kita untuk menguasai teknologi yang notabone teknologi tersebut sudah banyak yang menggunakan. walaupun teknologi tersebut memiliki fungsi yang sama.

Kita ambil contoh kasus dari teman saya yang sedang melamar pekerjaan, Apakah berbeda fungsi antara Ms Office dengan OpenOffice ? toh teknologi tersebut memiliki kesamaan fungsi yaitu untuk menunjang administrasi. Hanya berbeda license saja bukan..

Kalo berdasarkan hasil survey, kenapa sih memilih untuk menggunakan Windows dibandingkan dengan Linux ?
jawaban bisa anda dapatkan : Simple, karena tidak merasa repot dan susah..

Ya, jawaban tersebut benar, simple dan tidak merasa repot dan susah karena kita tidak pernah mau mencoba untuk menggunakannya..
Tanpa bermaksud untuk menjelek-jelekkan dan menyudutkan suatu merek atau produsen teknologi lain, yang ingin saya utarakan adalah seberapa kuat daya tergantungnya kita terhadap suatu teknologi itu sendiri ? Apakah kita sendiri tidak dapat membuatnya ?Atokah kita tidak percaya diri dan minder terhadap hasil karya kita sendiri ?

So, dimanakah peranan pendidikan kita, yang mendidik kita untuk dapat menjadi manusia yang bermoral, beretika dan berkualitas, jika kita sendiri dalam dunia IT sangat tergantung dari sang pencipta teknologi.

Semua jawaban dan solusi dari paradigma IT terletak di tangan anda sendiri..

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

