jump to navigation

Memaksimalkan Internet January 8, 2009

Posted by Herwin Anggeriana in General Knowledge.
trackback

Saya tertarik dengan flow dan mekanisme yang dilakukan oleh beberapa programmer yang tergabung dalam kelompok developer opensource.

Internet, hampir setiap orang di dunia sudah mengenal dengan istilah ini, tapi jika diukur secara functionality internet, maka dapat diperoleh kesimpulan sementara yaitu internet hanyalah suatu teknologi pasif dimana kita terbiasa untuk hanya menerima informasi ataupun membaca informasi yang tersaji disitu. Pengguna ( user ) dengan rakus-nya melahap semua informasi.

Bila kita perhatikan, traffic tertinggi yang terjadi pada internet adalah “in” bukan “out”. Kalopun terjadi traffic pada skala “out” itupun terjadi dalam skala kecil. Hal ini menjadi suatu cerminan bahwa budaya yang terjadi di dunia internet adalah BUDAYA MEMBACA, masih butuh waktu untuk meningkatkan dan memaksimalkan dunia internet menjadi BUDAYA MEMBACA DAN MENULIS.

Bahkan salah satu teman saya, yang memiliki website dengan nama domain yang diinginkan tidak tau lagi apa yang harus dilakukan dan diperbuat dengan fasilitas website dalam dunia internet.
Ketika saya mempertanyakan “Kenapa websitenya hanya berisikan gambar ‘coming soon’ dan email saja? Kepada teman saya.

Jawaban yang saya peroleh cukup simple, sederhana yaitu “ah saya mendapatkan website tersebut secara gratis, toh saya tidak perlu membayarnya lagipula saya tidak tau lagi apa yang akan saya sajikan dan saya tuangkan informasi di dalam website tersebut, yah sudah saya sajikan ‘coming soon’

Kita pun sama – sama mengetahui bahwa internet adalah salah satu media tak terbatas yang dapat melintasi dan melampaui batasan seperti jarak dan waktu. Atas dasar itu internet sangat ideal untuk diterapkan sebagai sarana information sharing seperti yang dilakukan oleh para developer opensource.

Apakah karena tingginya persaingan bisnis berbanding lurus dengan tingginya tingkat kekhawatiran untuk kalah bersaing? Sehingga sangat sedikit perusahaan yang bersedia membuka dirinya untuk membagikan dan membuka kesempatan untuk menjadi media information sharing seperti yang dilakukan oleh para developer opensource.

Hanya satu motif dari para developer yaitu “Berkarya, Ber-Produksi dan Saling Membagi informasi”. Kalopun terjadi pembajakan dan tindakan illegal secara hukum terhadap karya seseorang, orang luar pun sudah banyak yang mengetahui.

Mampukah internet ber-revolusi ? semua kembali lagi kepada anda..

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

