jump to navigation

Administrator Guidance – Antivirus Mechanisms June 22, 2009

Posted by Herwin Anggeriana in IT Knowledge.
trackback

Sebagai system administrator, seringkali kita dituntut untuk memaksimalkan performance dari system dan meminimalkan potensial kerusakan system yang akan terjadi. Trojan Horses, Worm dan Macro Virus à Istilah ini memiliki sifat dan pengertian yang merusak system dan bernuansa negative. So apa sih yang menjadi karakteristik umum dari masing-masing istilah ini.

Karakteristik dari Trojan Horses :

Ketika computer terinfeksi oleh Trojan Horses, maka computer tersebut memiliki potensi tertinggi untuk diakses dengan full permission akses ke system tanpa sepengetahuan dari user. Karakteristik umum nya computer terinfeksi Trojan Horses adalah

  • CD-ROM / DVD-ROM secara misterius terbuka tanpa adanya interaksi dari si user
  • Layar computer / Display screen secara misterius blinking beberapa kali, flip atas bawah, bahkan dapat memunculkan gambar / foto secara tiba – tiba
  • Settingan computer secara tiba-tiba dapat berubah – ubah secara misterius, dan tanpa sesuai keinginan user. Misalnya : taskbar di windows yang awalnya berwarna biru, berubah secara misterius menjadi taskbar windows klasik.

Karakteristik dari Worm :

Worm adalah suatu program yang bersifat proactive dengan sendirinya tanpa melibatkan interaksi dari manusia / user. Berbeda dengan Trojan Horses, Trojan Horses masih membutuhkan interaksi dari user lain yaitu sang cracker sendiri, sedangkan worm dapat bergerak dan bertingkah proactive secara automatic ketika system terinfeksi. Karakteristik dan gejala umum dari Worm adalah :

  • Worm melakukan duplikasi dirinya sendiri [ duplicate program ] dengan nama yang berbeda-beda dan menyebarkan dirinya ke system lain melalui email dengan tujuan penyebarannya didapat dengan membaca semua daftar “contact list” address book yang menjadi features dari outlook / program sejenis email client tanpa sepengetahuan user.
  • Worm juga secara tiba-tiba dapat menghapus beberapa file atau beberapa document yang menjadi tujuannya, bahkan ada beberapa worm yang melakukan penguncian / locked file, sehingga file tersebut tidak dapat didelete oleh user meskipun file tersebut sedang tidak diakses / tidak digunakan lagi.
  • Worm juga memiliki kemampuan untuk menghapus files atau document secara jaringan

Karakteristik dari Macro Virus :

Macro Virus diidentifikasian jika berhubungan erat dengan suatu program yang sangat memaksa user untuk menjalankannya sebelum dapat digunakan. Biasanya Macro Virus sangat umum ditemukan didalam aplikasi office [ Word atau Excell ]. Karakteristik umumnya adalah :

  • Memaksa user untuk melakukan save document hanya dalam bentuk template
  • Icon yang ter-baca dan ter-identifikasi di-display sebagai icon
  • Sering memunculkan pesan tertentu yang memaksa user untuk menjalankan program lain atau program tertentu yang tidak berhubungan / not associate dengan program yang seharusnya. Misalnya ketika membuka file [ herwin.doc ] maka muncul pesan untuk menjalankan program lain [ herwin.exe ] untuk dapat membaca herwin.doc, padahal seharusnya yang wajar adalah munculnya Ms Word dan anda langsung dapat membaca file tersebut [ herwin.doc ] tanpa harus terlebih dahulu menjalankan file lain [ herwin.exe ]

Di bawah ini ada contoh prosedur umum yang digunakan dan dilakukan oleh system administrator dalam meng-identifikasikan karakteristik kerusakan system :form_ag

by       : Herwin Anggeriana

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s