jump to navigation

Zorin OS, Linux Terbaik bagi Pengguna Windows dan Mac September 23, 2012

Posted by Herwin Anggeriana in General Knowledge, IT Knowledge.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Download versi Standar 32 bit atau versi standar 64 bit
Zorin OS, Best Linux For Windows User and Mac User

Jika saya bertanya kepada anda sebagai pengguna komputer dalam keseharian beraktifitas, sistem operasi apa yang anda gunakan? Secara mayoritas pengguna komputer di Indonesia kecenderungan memilih dan menggunakan sistem operasi windows besutan Microsoft meskipun terkadang demi penghematan biaya, memaksakan diri untuk menggunakan sistem operasi bajakan.
Penggunaan Linux sebagai sistem operasi alternative, masih dirasakan cukup menyulitkan dari sisi penguasaan skills teknis dan terkendala dengan kompatibel hardware serta minimnya dukungan software pendukung. Sistem operasi Linux yang cukup favorit bagi pengguna komputer pada umumnya adalah UBUNTU.
UBUNTU yang merupakan distro Linux dirasakan bagi pemula cukup familiar, user friendly dan mudah dalam pengoperasian. Selain UBUNTU, saya mencoba untuk memberikan alternative distro Linux lain yang tidak kalah user friendly, mudah pengoperasian layaknya windows yaitu Zorin OS.
GUI Mac version Zorin OS
Zorin OS merupakan distro Linux dari variant debian, layaknya UBUNTU yang merupakan bagian dari pengembangan variant debian. Zorin OS termasuk Linux free dan open source, beberapa pertimbangan Zorin OS ini layak digunakan yaitu :
Secure
Layaknya Linux pada umumnya, sistem operasi Zorin OS kategori aman dan bebas dari infeksi virus untuk saat ini. Kita tidak perlu lagi menggunakan anti virus dan harus repot mengupdate setiap saat database virus definition-nya.
Kecepatan
Kecepatan processing dan loading cukup cepat bahkan jika diukur berdasarkan kecepatan windows 7 dan Mac, Zorin OS masih unggul dalam kecepatan loading.
Fungsional feature WINE dari Zorin OS, kecepatan loading dan processingnya cukup menarik ketika menjalankan program yang berbasis windows.
Mostly compatible
Zorin OS termasuk distro Linux variant Debian yang sudah banyak didukung berbagai vendor hardware serta dukungan software lainnya ( third party ). Sesuatu yang menarik dari kompatibel hardwarenya adalah anda tidak perlu khawatir atas ketidak cocokan perangkat keras ( hardware ) yang anda miliki. Ketika anda menginstall software third party atau software dari vendor hardware dan menemukan tidak compatible dengan hardware tersebut, proses installasi akan memberikan peringatan non compatible dan langsung menghentikan proses installasinya.
GUI flexible
Themes, backgrounds, icon yang merupakan bagian dari GUI Zorin OS dapat dikustomisasi ( customize ) sesuai selera anda dan tersedia dalam empat pilihan yaitu Windows 7, Vista, Mac atau Linux Klasik
Fully support for multimedia
Menyadari akan pentingnya dukungan multimedia sebagai keharusan fungsional sistem operasi. Zorin OS menyediakan berbagai software multimedia ( video player, audio player ) yang mendukung berbagai format multimedia.
Dengan layanan tambahan Zorin Background Plus, dapat menjadikan desktop background berupa video maupun audio serta membuat screensaver dalam bentuk video favorite anda.

Anda dapat mendownload Zorin OS dalam 3 variasi yaitu versi standard, Premium, dan Merchandise.
Untuk versi Premium dan Merchandise, anda diwajibkan untuk membayarnya. Tetapi versi standard anda bebas mendownload dan menggunakannya. Klik disini untuk mendownload versi Standard 32 bit dan versi standard 64 bit.

%d bloggers like this: